We The People! - It's the true reality (EP) 2011 (Review)

Sekitar satu minggu yang lalu saya baru saja dapat kiriman dari sebuah band positive hardcore asal bandung, and guess what?? Yeep sebuah bundle dari We The People yang terdiri dari T-shirt dan juga mini album mereka yang mereka beri judul It’s the true reality yang saya dapatkan. Tapi kali ini yang menjadi perhatian saya adalah mini album mereka sendiri, sebuah mini album yang mungkin dari segi packaging dan tampilan begitu terlihat sederhana, saya pikir itu wajar karena mereka memproduksi album ini pun secara D.I.Y. Namun disaat saya mendengar dan juga coba menyimpulkan isi dari apa yang mereka coba sampaikan didalam album ini ialah sangatlah jauh dari kata “sederhana”.
Total 6 lagu yang sangat jelas memaparkan isu – isu sosial yang kini sangat marak terjadi di negeri ini, di track pertama ada lagu yang mereka beri judul “Childern exploitation”, lagu ini sangat jelas memberi gambaran pada kita tentang eksploitasi anak yang terjadi di Indonesia, sebagai salah satu contoh ialah anak – anak jalanan yang dimanfaatkan oleh oknum yang tak bertanggung jawab, yang rela mempekerjakan anak – anak dibawah umur hanya untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan pribadi mereka. Mereka (anak – anak jalanan) dipaksa untuk melakukan apa saja untuk dapat mendapatkan penghasilan yang nantinya harus disetorkan kepada para oknum yang tak bertanggung jawab tersebut. Pemerintah sendiri seperti tidak menanggapi hal tersebut, sehingga para oknum tersbut dengan leluasa memanfaatkan anak – anak yang seharusnya bisa tersenyum riang dan juga bisa bebas bermain di usia mereka sekarang ini. Penertiban yang dilakukan pemerintah pun tidak akan berarti apa – apa jika pemerintah sendiri tidak memberikan pembekalan yang cukup bagi anak – anak tersebut, sehingga pada akhirnya anak – anak tesebut mau tidak mau kembali ke jalan dan juga kembali dimanfaatkan oleh para oknum tersebut. Di track selanjutnya ada “Gas minyak tanah”,  lagi – lagi disuguhkan karena dasar kegagalan pemerintah dalam memberikan kebijakan – kebijakan politiknya bagi warga Negara Indonesia, Lagu yang hanya berdurasi sekitar 43 detik ini secara jelas memaparkan bagaimana pemerintah yang berusaha untuk mengurangi subsidi minyak tanah dengan cara mengalihkan nya kedalam gas, namun solusi yang mereka berikan ini tidak dibarengi dengan kualitas yang bagus, sehingga akhirnya mereka terkesan menghabisi warga negara nya dengan kebijakan mereka sendiri, mereka sibuk memerangi teroris dengan bom nya, namun mereka secara tidak langsung telah menaruh bom disetiap rumah warga negara mereka sendiri (hey Mr. government your policy isn’t cool !). 
Yess akhirnya sampai di track favorit saya, yang berjudul “Sekolah yang tak terbeli”. hehe :P  adalah sebuah lagu yang membicarakan soal ketidakmampuan pemerintah dalam hal menangani peningkatan mutu sumber daya manusia di Indonesia. Bagaimana tidak, mereka (pemerintah –red) sangat sibuk memberitakan tentang wajib belajar 9 tahun dan juga slogan “mencerdaskan bangsa”, tetapi hal ini tidak sesuai dengan situasi yang terjadi pada saat ini, mengutip dari kata – kata WTP yang menyebutkan bahwa “Sekolah” adalah sebuah barang mewah yang hanya bisa dinikmati oleh orang – orang yang kaya raya, sedangkan mereka yag tidak mampu hanya bisa memimpikan hal tersebut, para orang tua yang akan terus bersedih ketika melihat anaknya tenggelam oleh kebodohan, menjadi buta disaat mereka bisa melihat, sehingga untuk membaca saja pun mereka tidak mampu, Sebuah pembodohan massal yang dilakukan oleh mereka yang “katanya” mempunyai tanggung jawab terhadap generasi bangsa ini. Dan berikan tepuk tangan kepada mereka yang menjadikan “Pendidikan” sebagai alat untuk memperkaya diri mereka masing – masing.  Di baris ke empat ada lagu yang berjudul “Pembalak liar”, yess mereka adalah orang – orang yang rela menjadikan bumi ini sebagai mesin pemenuh isi dompet mereka sendiri. Disadari atau tidak salah satu penyebab adanya pemanasan global ialah karena hasil dari penebangan hutan yang dilakukan secara liar, dan jika kita masih tetap membiarkan hal itu terjdi, maka kita hanya diharuskan menunggu akan hancurnya bumi ini.
Mini album ini tidak berhenti disitu saja, masih ada "konsumerisme" di track ke lima yang menceritakan tentang kebiasaan manusia modern yang selalu menghamburkan uang yang sebenarnya mereka kumpulkan dengan susah payah, namun mereka bisa menghabiskannya dalam sekejap. Mungkin ini salah satu bentuk keprihatinan mereka (WTP) akan hal tersebut. Dan sampai lah pada track terakhir yang berjudul “Satwa", ialah klimaks dari keseluruhan isi mini album yang mereka beri judul “it’s the true reality” ini menceritakan tentang habitat – habitat hewan liar yang saat ini makin berkurang akibat adanya ulah campur tangan dari manusia itu sendiri. Yang unik dari lagu ini ialah ada dibagian lagu ini yang dinyanyikan secara orasi. (sounds cool isn’t it?)
Saya tidak akan berbicara soal sound, karena pastinya mereka adalah orang – orang yang mengerti betul soal sound yang harus mereka suguhkan untuk mini album ini. Jadi secara keseluruhan mini album ini sangatlah wajib kalian beli. Untuk kalian pecinta hardcore positive dengan gaya musik ala Champion, band ini sangat recommended. .! sikaat miring. 

For more info please check their :



click here to hear their preview :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar